Senin, 04 Maret 2013





Senin, 4 Maret 2013

 Pekanbaru Pos

Ciptakan Kota Metropolitan Madani
Laporan : M. SYAIFULLAH, Sail

PERLOMBAAN Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Sail dilaksanakan di masjid Assaadah Kelurahan Cintaraja resmi dibuka Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Minggu (3/3) malam.

Lomba MTQ yang digelar mulai, Minggu (3/3) dan Senin (4/3) ini melombakan tiga cabang, yakni tilawah dewasa, remaja dan anak-anak.

Tampak hadir hadir dalam pembukaan itu, Sekdako Pekanbaru, Yuzamri Yacob, para kepala Dinas, Camat Sail Irni Dewi Tari SSTP, Kepala KUA Sail, jail Asman Shi dan tokoh agama dan masyarakat serta masyarakat di seluruh Kecamatan Sail.

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengatakan, seluruh peserta harus berlaku sportif dalam melaksanakan mulia tersebut. Sebab, perlombaan tersebut merupakan perlombaan yang mulia karena mengangkat keagungan Al-Qur’an yang merupakan Kitab Suci umat Islam.

Diharapkan pula kegiatan tersebut dapat menumbuhkan dan juga memunculkan bibit-bibit unggul yang cinta terhadap Al-Qur’an dan menegakkan agama Islam di muka bumi khususnya di Kota Pekanbaru dan Kecamatan Sail.

“Jangan sampai Al-Qur’an hanya menjadi penghias lemari mahal, sementara Al-Qur’an itu tidak pernah dibaca,” Kata Ayat.

Wawako mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Pekanbaru khususnya Kecamatan Sail agar selalu menjadikan Al-Qur’an sebagai landasan hidup.

“Al-qur’an harus menjadi landasan hidup. Sebab, dengan membaca kitab suci seseorang akan bisa meningkatkan ketaqwaan dan mendapatkan ketentraman jiwa,” ujarnya.

Kegiatan MTQ ini, kata Ayat sebagai momentum untuk mengajak masyarakat untuk banyak membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya. Hal ini juga sebagai motivasi kepada Pemerintah Kota Pekanbaru dan masyarakat untuk mensukseskan visi Kota Pekanbaru 2021 sebagai pusat perdagangan dan jasa yang dilandasi Iman dan Taqwa.

“Diantaranya menciptakan Kota Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan yang madani. Artinya masyarakatnya yang agamis, saling membantu, menolong tanpa memandang sara,” katanya.

Sementara Camat Sail, Irni Dewi Tari mengatakan kegiatan MTQ tingkat Kelurahan ini sudah menjadi agenda tahunan. Nantinya qori dan qori’ah terbaik akan diikutkan perlombaan MTQ ketingkat Kecamatan atau bahkan ketingkat kabupaten/Kota.

“Kita berharap kepada masyarakat Sail untuk berpartisipasi dalam kegiatan MTQ tingkat Kelurahan ini dengan ikut hadir pada saat MTQ di masjid Assaadah Kelurahan Cintaraja,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar