Senin, 01 Juli 2013

Wawako Imbau Warga Buang Sampah Sesuai Jadwal



Pekanbaru Pos

SENIN, 1 JULI 2013

Wawako Imbau Warga Buang Sampah Sesuai Jadwal

Jalan Protokol Penuh Tumpukan Sampah

Masih banyak nya tumpukan sampah di pinggiran jalan dan sudut pemukiman bukan di karenakan petugas pengangkut sampah tidak bekerja. Akan tetapi di karenakan tidak di siplinnya jam buang sampah warga masyarakat Pekanbaru.

Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi kepada wartawan akhir pekan kemarinmenyatakan, Kalau Sampah di buang sesuai jadwal maka semua akan terangkut oleh petugas.

Karena tidak jarang kita perhatikan Sebenar nya mobil sampah sudah mengangkut sampah, tetapi 5 menit lagi datang lagi sampah. Ada lagi sampah yang datang dan di taruh oleh masyarakat . Ini akibat masyarakat tidak taat sama aturan jam buang sampah , ujar Wawako.

Menurut Ayat, tugas menjaga kebersihan kota dari sampah tidak hanya di bebankan ke Pemerintah tetapi seluruh masyarakat Kota Pekanbaru. Pemko sudah mengeluarkan anggaran besar tiap tahunnya.

Biaya angkutan sampah mencapai Rp 50 miliar, tetapi hasilnya belum maksimal. Makanya kita kedepan akan mengupayakan sistem kerjasama dengan pihak ketiga untuk mengelola angkutan sampah, terangnya.

Menurut ayat, sistem ini akan mulai di tetapkan tahun 2014 mendatang. Makanya untuk sementara waktu  Ia berharap peran serta masyarakat untuk peduli sangat di butuhkan.

Kalau sudah di tentukan jam buang sampah tepat jam itu dan di tempatkan di titik-titik tertentu, harapnya.
Sementara, hingga tengah hari sampah-sampah yang menupuk di pinggir jalan protokol Kota Pekanbaru belum terangkut seperti biasanya. Akibatnya sampah yang telah di buang masyarakat sejak kamis malam terlihat menumpuk dan kotor.

Menurut penuturan warga, biasanya petugas kebersihan sudah terlihat bekerja di pagi hari. Namun Jumat pagi hingga siang pasukan kuning seolah-olah menghilang.

Biasanya sampah-sampah sudah terangkut di pagi hari, namun hari ini mereka tidak kelihatan. Sampah yang sudah menumpuk pun seperti di biarkan begitu saja, ujar warga, Amin.

Dijelaskannya, biasanya setiap pagi ketika berangkat kerja, ia selalu melihat petugas kebersihan melakukan aktivitas di jalan Tuanku Tambusai. Tidak kelihatan, terangnya.

Dari pengamatan di lapangan, di beberapa jalan protokol dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB, armada pengangkut sampah yang biasanya mondar mandir di pagi hari tidak kelihatan sama sekali.

Petugas  penyapu jalan pun tidak kelihatan, sehingga sampah yang sudah menumpuk di gang-gang dan beberapa ruas jalan seperti di jalan Gajah Mada terlihat masih berserakan Kotak makanan dan gelas minuman mineral.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kebersihan dan pertaman Kota Pekanbaru, Syaflir ketika di konfirmasi Riau Pos menuturkan armada dan pasukannya selalu bekerja membersihkan dan mengangkut sampah-sampah tersebut.

Khusus Jalan Gajah Mada kendraan kita tidak bisa masuk sehingga sampah yang menumpuk di sana belum bisa diangkut, ujarnya.

Meski begitu Safril menuturkan pihaknya sudah melakukan penyisiran terhadap sampah-sampah yang belum terangkut di siang hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar