Selasa, 12 Februari 2013

KBRI sosialisasikan Peluang Kerja Di Malaysia


KORAN RIAU

Selasa,12 Februari 2013

KBRI Sosialisasikan Peluang Kerja Di Malaysia

Saat ini Pemerintah Malaysia tengah membutuhkan 250 ribu jiwa  tenaga kerja baik formal maupun non formal.Peluang ini disampai kan Bidang Ketenagakerjaan,Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk  Malaysia Agus Tryanto AS.
Agus Tryanto dalam kegiatan Kunjungan yang disambut Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi mengatakan, peluang kerja di Malaysia cukup besar bagi warga Kota Pekanbaru. Dari jumlah itu, Kebutuhan tenagakerja formal sebanyak 200 ribu orang.
Artinya tenaga Kerja yang membutuhkan ke ahlian.Sedangkan 50 ribu lagi untuk tenaga kerja non formal, seperti untuk menjadi pembantu rumah tangga, senin (11/2).
Selain itu , peluang untuk magang juga terbuka lebar, baik yang masih menempuh jenjang pendidikan di SMK maupun para remaja tamat sekolah, bisa langsung bergabung dengan perusahaan.
Menurut Agus, ini disampaikan kepada Pemerintah Kota Pekanbaru, karena Pekanbaru cukup dekat dengan Malaysia, selain kultural juga tidak terlalu berbeda. Walau peluang kerja itu sendiri dibuka untuk seluruh masyarakat dunia.
Menyikapi ini, PEMKO Pekanbaru akan mensosialisasikan peluang tersebut kepada masyarakat. Kepala Dinas Tenaga Kerja akan memberdayakan supaya informasi itu sampai kepada masyarakat.
“Bagi yang berminat dari masyarakat Pekanbaru bekerja disana, tentu melengkapi segala persyaratan yang ditentukan, agar masuk ke negara tersebut secara legal, bukan ilegal.” Kata Ayat Cahyadi.
Dituturkan, saat ini terdapat penduduk Indonesia yang masuk Malaysia secara legal sebanyak 1,2 juta jiwa. Namun yang masuk secara ilegal lebih banyak atau berkisar 1,5 juta jiwa.
“Diharapkan DISNAKER dapat menyambut dan menyikapi peluang ini dengan baik, pelajari dan sosialisasikan, tempelkan informasi itu sebagai bentuk sosialisasi. Bukan hanya sampai di Camat, bahkan juga sampai di Kelurahan.” Kata Ayat lagi.

1 komentar:

  1. Kelihatannya kita bisa bersinergi...karena kebetulan PKBM Pelita Riau sejak tahun 2012 yang lalu memiliki program Pendidikan dan Pelatihan bagi pra dan pasca TKI (Program PKBM Pelita Riau Sentra TKI)... kalau bapak Walikota (Pak Ayat) berkenan menerima audiensi dari kami... mungkin kita bisa bekerjasama mensosialisasikan tawaran dari negara jiran Malaysia ini. Demikian informasi dari kami dan silahkan klik: www.pelitariau.com SENTRA TKI. Terima kasih. Salam hormat kami (Adimir Direktur PKBM Pelita Riau).***

    BalasHapus